Media Ilmu

Satu Langkah Untuk Menjadi Lebih Baik

Secara sederhana investor dapat diartikan pihak yang menanamkan uangnya di sebuah bisnis. Ternyata menurut kuliah yang saya dapatkan di Entrepreneur Campus Yogyakarta, setidaknya ada tiga jenis investor:
a. Tipe rasional
Maunya Cuma untung. Tipe yang sangat banyak ditemui. Tapi juga lebih mudah. Dalam artian, kita bisa menciptakan hubungan yang profesional. Mereka tidak menuntut yang “macam-macam”. Asal untung, modal kembali. Semua happy J.
b. Tipe ideologi emosional
Mereka mau membantu, tapi dengan “syarat”. Bersifat ideologis atau mengandung nilai-nilai tertentu. Contohnya Pak haji yang bersedia berinvestasi dibisnis rumah makan Kita tapi Kita tak boleh menjual rokok disana. Inilah bedanya dengan investor rasional. Terkadang investor turut campur dalam nilai2 perusahaan.
c. Angel investor
Kita harus berhati2 dengan tipe ini. There are no free lunch. Jika Kita bertemu dengan investor yang benar2 mau mambantu, tidak menuntut macam-macam, juga sepertinya tidak memiliki motif apapun, maka sebaiknya Kita berdoa. Semoa Kita benar-benar bertemu dengan malaikat dan bukan domba berbulu srigala (bosan dengan ungkapan srigala berbulu domba? Kenapa tidak diganti “srigala berkelamin domba???” hehehe).
Semakin rasional investor, semakin profesional hubungan yang dibangun. Setelah tahu jenis2 investor berdasarkan motivasi umum, lalu apa?
Investor Terhebat
Daripada Kita mimpi bertemu malaikat yang menyamar jadi investor, lebih baik Kita ngomong langsung saja ke bosnya: Tuhan. Hey, saya TIDAK BERBOHONG. TUHAN adalah INVESTOR KITA. Ia memberikan kita kehidupan, kesehatan, bakat, dan kemampuan. Semua itu adalah investasi yang tidak ternilai. Jadi saran no.1 adalah: BERDOALAH!!!. (Saya sudah membuktikan, tahun 2009 saya mendapatkan investor 60 juta!)
Konsep Harus Jelas
Setelah itu Kita harus sudah memilikii konsep bisnis yang jelas terlebih dahulu. Tulislah dalam bentuk proposal sederhana. Jangan berpikiran sophisticated complicated (apaan seh???), intinya dibuat simple saja. Jauhi anggapan semakin tebal semakin bagus. Itu SALAH.
Karena calon investor hanya memiliki waktu tak lebih dari 3 menit untuk MENILAI BISNIS KITA. Cukup tulis latar belakang, gambaran produk/jasa, produksi, distribusi, pemasaran, dan juga analisa keuangan. Langsung tulis BENEFIT yang didapatkan investor. Entah berupa bagi hasil, atau buyback saham dalam jangka waktu tertentu.
Tak lupa tulis prospek perkembangan bisnis Kita minimal 5 tahun kedepan. Rekor proposal tertipis yang pernah saya buat adalah hanya 1 (satu) lembar. Dan tetap bisa goal.
Contact List
Nah sekarang coba tulis semua orang yang Kita kenal (keluarga dan teman akrab bisa menjadi prioritas) dan kira-kira “bisa membantu”. Siapa pun. Karena pada dasarnya semua orang berpotensi menjadi investor Kita. Investasi tak harus melulu uang toh? Bisa peralatan, perizinan, tempat, doa dll. Bahkan tukang becak yang berpenghasilan Rp.30rb seharipun bisa!.
Tak percaya??? Sekarang mari ubah pola pikir kita. Kita butuh 50 juta, tapi apakah harus didapatkan dari satu orang? Apakah tidak bisa kita menerbitkan saham senilai 10rb perlembar? Dan berarti Kita akan memiliki 5.000 lembar saham yang bisa Kita jual eceran!.
Lagi-lagi saya sudah mencoba. Saat SMU tahun 2003, bersama teman2 dari Junior Achievement International yang mengajari kami membuat perusahaan kecil-kecilan. Modal yang dibutuhkan Rp.500rb. Apa yang kami lakukan? Memecahnya menjadi Rp.10rb dan menjualnya keteman atau orang tua kami sendiri! Bisa kan????
Jikapun Kita tidak menemukan investor yang mampu, kita bisa bertanya kepada kenalan Kita, “Kira-kira siapa yang bisa menjadi investor saya?”.
Jika sudah ada calon investor, segeralah buat janji untuk BERTEMU LANGSUNG. Haram hukumnya sekedar menitipkan proposal Kita kesekretaris bahkan satpam.
“Halo, Bapak X, saya (nama Kita) ingin berbicara tentang sesuatu yang menyangkut masa depan portofolio kekayaan Anda. Bisa kita bertemu untuk makan siang?” (believe me bos, mendengar kata “portofolio kekayaan masa depan”, minimal ia akan memberikan waktu 5 menit dikantornya).
Modal Terbesar
Modal terbesar dalam menjalankan bisnis dan mendapatkan investor bukanlah uang. Tapi masalah KEPERCAYAAN. Sebuah bentuk modal sosial yang tak bisa dinilai dengan uang. Kenapa pihak Bank membutuhkan jaminan seritifikat rumah Kita? Karena mereka belum percaya kepada Kita!.
Mereka masih belum tahu track record bisnis Kita. Apakah “berbakat” untung atau rugi. Apakah Kita tidak lari. Apakah Kita bukan penipu. Coba lihat pengusaha-pengusaha besar, malah pihak Bank yang “mengemis-ngemis” kepada pengusaha tersebut agar mau mengambil kredit.
Tips
Sebelum kita bisa meyakinkan orang lain, terlebih dahulu kita harus bisa meyakinkan diri sendiri. Lakukan presentasi dengan percaya diri. Disertai data dan fakta. Tak cukup berasumsi saja. Bagaimana orang lain akan mempercayai kita jika kita sendiri tidak percaya pada diri sendiri?
Jangan terlalu berjanji. Bersikaplah jujur, realistis dan profesional. Jika tahun pertama rugi (dan kebanyakan bisnis mengalami kerugian diawal-awal operasinya), maka jangan menjanjikan pembayaran. Lebih baik Kita kehilangan calon investor karena tak mampu menyanggupi permintaan muluknya, daripada kehilangan integritas karena menjadi Yes Man! Menjanjikan apa yang diinginkan oleh investor.
Keep your promise. Jika Kita sudah berkata A, maka pantang untuk melakukan B. Ini berkaitan dengan modal yang paling utama: kepercayaan. Kehilangan uang masih bisa dicari, kehilangan kepercayaan takkan bisa dibeli.


0 komentar

Posting Komentar

Categories

Friend :)

Top Entri